PENGAPLIKASIAN CETAK TINGGI DALAM UPAYA MENCIPTAKAN KARYA KALIGRAFI ARAB UNTUK EDUKASI ANAK-ANAK BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP

Authors

  • Sigit Purnomo Adi FSRD UNS Surakarta
  • I Gusti Ngurah Tri Marutama Universitas Sebelas Maret Surakarta

Keywords:

Pengaplikasian, Kaligrafi Arab, EcoArt, Cetak Tinggi

Abstract

Cetak tinggi bisa diaplikasikan ke pengkaryaan kaligrafi arab. Kaligrafi arab tidak hanya sekedar menggunakan teknik lukis di atas kanvas tetapi bisa menggunakan teknik cetak tinggi. Karya-karya kaligrafi arab dengan teknik cetak tinggi bisa menggunakan juga teknik kolase. Pemilihan kaligrafi arab dengan teknik cetak tinggi dikombinasikan kolase dapat mengedukasi para anak-anak. Keilmuan ini dapat mengedukasi secara religi dan penyelamatan lingkungan hidup. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengedukasi anak-anak mengenai religi dan lingkungan hidup dengan pengaplikasian teknik cetak tinggi untuk karya kaligrafi arab.
Penulisan artikel ilmiah ini menggunakan pendekatan EcoArt dan metodologi penciptaan seni Tri Cipta Karya. Metodologi penciptaan seni Tri Cipta Karya antara lain, perenungan, eksplorasi, pembentukan dan sajian/publikasi karya. Pendekatan EcoArt atau pendekatan yang berbasis dengan seni yang menghargai lingkungan hidup dalam setiap pengkaryaannya.
Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa kaligrafi arab dengan teknik cetak tinggi dan kolase lebih menarik, kreatif dan inovatif serta berwawasan lingkungan.
Diharapkan hasil pengabdian ini akan memberikan dampak positif terhadap seniman, desainer, produsen, dan pelaku usaha sebagai pengetahuan dan edukasi untuk menerapkan pendekatan EcoArt dalam menjaga lingkungan hidup.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-12

How to Cite

Sigit Purnomo Adi, & Ngurah Tri Marutama, I. G. (2024). PENGAPLIKASIAN CETAK TINGGI DALAM UPAYA MENCIPTAKAN KARYA KALIGRAFI ARAB UNTUK EDUKASI ANAK-ANAK BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP. Snades, 3(1), 021–028. Retrieved from https://snades.upnjatim.ac.id/eprosiding/index.php/snades/article/view/13