EKSPLORASI AVAILABLE LIGHT SEBAGAI PENUNJANG VISUALISASI PADA PERANCANGAN FOTOGRAFI IKLAN
Keywords:
advertising photography, available light, MSMEsAbstract
ABSTRAK
Fotografi saat ini tidak hanya berfungsi sebagai alat dokumentasi, tetapi juga sebagai media periklanan. Salah satu faktor penting dalam menghasilkan foto iklan yang menarik adalah penggunaan cahaya yang tepat untuk menghindari under dan over exposure. Fotografi dikenal sebagai seni melukis dengan cahaya, sehingga pemahaman dasar tentang cahaya sangat penting. Available light atau cahaya alami bisa digunakan untuk eksplorasi teknis pencahayaan. Konsep ini mengandalkan sumber cahaya alami seperti matahari dan sangat berguna bagi pemula yang tidak memiliki pengetahuan dasar atau peralatan fotografi profesional. Penelitian ini bertujuan memberikan wawasan hardskill tentang teknik dasar pencahayaan dalam foto iklan. Eksplorasi konsep pencahayaan ini diharapkan dapat menjadi keterampilan dasar bagi pemula, terutama bagi UMKM yang ingin meningkatkan kualitas foto produk mereka untuk iklan. Penelitian ini menggunakan metode Pola Produksi yang dicetuskan oleh Kochbreg dengan studi kasus UMKM binaan CIC Hub UCIC. Permasalahan menunjukkan bahwa banyak UMKM belum memahami cara mengoptimalkan foto iklan, terutama dalam hal eksplorasi cahaya yang mudah dipelajari dan diterapkan. Hasil luaran penelitian ini berupa pendampingan pembuatan foto iklan dengan praktik available light. Penelitian ini tidak hanya meningkatkan kualitas visual iklan produk UMKM tetapi juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata untuk mendukung keberlanjutan ekonomi lokal dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara efisien.
Kata Kunci: Foto Iklan, Available Light, UMKM.
ABSTRACT
Photography serves as both a documentation tool and an advertising medium. Proper use of light is crucial to avoid under and overexposure in advertising photos. Understanding basic lighting, especially available light or natural light, is essential. This study explores natural light sources, such as sunlight, which is beneficial for beginners lacking basic knowledge or professional equipment. The research aims to provide hard skills in basic lighting techniques for advertising photography, targeting MSMEs aiming to enhance their product photo quality for advertisements. The Production Pattern method by Kochbreg is utilized, with a case study of MSMEs under the guidance of CIC Hub UCIC. Many MSMEs struggle to optimize their advertising photos, particularly in light exploration, which is easy to learn and apply. The research output includes hands-on assistance in creating advertising photos using available light. This study not only enhances the visual quality of MSME product advertisements but also contributes to local economic sustainability by efficiently utilizing available resources.
Keywords Advertising Photography, Available Light, MSMEs.