PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Astrid Widia Arningsih Universitas Sebelas Maret
  • Ercilia Rini Octavia Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Keywords:

perkembangan sosial-emosional, ilustrasi, anak usia dini, semiotika, design thinking

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan sosial-emosional pada anak usia dini sangat krusial untuk pembentukan karakter dan keterampilan interpersonal. Hal ini dikarenakan anak pada usia 0-6 tahun sedang berkembang pesat di setiap aspek perkembangannya sehingga disebut fase keemasan (golden age). Pada perkembangan ini anak-anak mulai mengenal emosi dan membangun keterampilan sosial dasar. Kurangnya media yang relevan dan komunikatif membuat anak sering mengalami kesulitan dalam mengelola emosi maupun menyelesaikan konflik. Oleh karena itu, perancangan buku ilustrasi ini bertujuan untuk menghadirkan media edukatif yang membantu anak usia 3–6 tahun dalam mengenali, memahami, dan mengekspresikan emosinya melalui pendekatan visual storytelling dan semiotika visual. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi di PAUD, wawancara dengan psikolog anak, dan studi pustaka. Proses perancangan mengikuti tahapan Design Thinking: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil dari perancangan ini berupa buku ilustrasi dengan cerita dan visual yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan emosional anak serta respon dari pengguna. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif media edukatif yang efektif dalam mendukung perkembangan sosial-emosional anak usia dini.

 

ABSTRACT

The social-emotional development of early childhood is crucial for shaping character and interpersonal skills. Children aged 0–6 years undergo rapid growth in all aspects, often referred to as the golden age. At this stage, they begin to recognize emotions and build fundamental social skills. However, the lack of relevant and communicative media often makes it difficult for children to manage emotions and resolve conflicts. This study aims to design an illustrated book as an educational medium to help children aged 3–6 years identify, understand, and express emotions through visual storytelling and visual semiotics. A descriptive qualitative method was employed, with data collected through classroom observations in early childhood education institutions, interviews with child psychologists, and literature studies. The design process followed the stages of Design Thinking: empathize, define, ideate, prototype, and test. The result is an illustrated book with stories and visuals developed based on children’s emotional needs and user feedback. This outcome is expected to provide an effective alternative medium to support the socio-emotional development of early childhood.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-10-2025 — Updated on 29-10-2025

Versions

How to Cite

Arningsih, A. W., & Octavia , E. R. (2025). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI . SNADES, 6(1), 204–211. Retrieved from https://snades.upnjatim.ac.id/eprosiding/index.php/snades/article/view/59