Penggunaan Buku Cerita Bergambar Bilingual Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Bahasa Kedua Anak

Authors

  • Angelina Beatrice Dorothea Siahaan Universitas Sebelas Maret
  • Ercilia Rini Octavia Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Bahasa kedua, Pembelajaran anak usia dini, Buku cerita bergambar, Cergam

Abstract

ABSTRAK

Usia dini pada anak merupakan periode krusial dalam pemerolehan bahasa kedua. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam pembelajaran bahasa kedua, namun salah satu faktor terpenting adalah usia saat bahasa kedua tersebut dipelajari. Untuk dapat dianggap sebagai penutur 'native', selain mampu memahami, membaca, dan berbicara bahasa tersebut dengan lancar, penutur juga harus memiliki pemahaman yang lebih dalam terhadap latar belakang sosial dan budaya dari bahasa yang digunakan. Kemampuan seorang untuk mencapai kemampuan ‘native’ dalam berbahasa asing dipercayai sulit dicapai setelah usia tertentu, sehingga rentang waktu pembelajaran bahasa tersebut menjadi sangat penting. Untuk memfasilitasi pembelajaran yang efektif dan efisien, metode pengajaran harus disesuaikan dengan subjek dan karakteristik pembelajar. Dalam kasus anak usia dini, metode yang digunakan harus menarik dan sesuai dengan kebutuhan serta minat anak. Buku cerita anak bergambar bilingual, dalam bahasa yang ingin diajari dan bahasa Indonesia sebagai bahasa pembantu, terbukti menjadi salah satu media pendukung yang efektif dalam pembelajaran bahasa kedua, karena mampu mempertahankan minat baca anak dengan baik dan memperkenalkan kosakata baru dengan efektif. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-10-2025

How to Cite

Siahaan, A. B. D., & Octavia, E. R. (2025). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Bilingual Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Bahasa Kedua Anak. SNADES, 6(1), 80–86. Retrieved from https://snades.upnjatim.ac.id/eprosiding/index.php/snades/article/view/63

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.