A PERAN KAMPANYE SOSIAL MEDIA INSTAGRAM @SUARASEKAMPUS DALAM MENGATASI CATCALLING
Keywords:
Kampanye Sosial, Catcalling, Instagram, Diskusi KelompokAbstract
Media sosial khususnya Instagram menjadi salah satu media yang mudah digunakan untuk berkomunikasi. Suara Sekampus memanfaatkan Instagram dalam edukasi kampanye sosial mengenai catcalling dengan Focus Group Discussions untuk mencapai tujuan dari konten yang dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas postingan Instagram Suara Sekampus dengan menampilkan konten visual mengenai catcalling. Melalui metode analisis deskriptif kualitatif dengan penerapan Focus Group Discussions, dapat disimpulkan bahwa konten visual Instagram Suara Sekampus mampu mensosialisasikan edukasi gerakan anti catcalling di masyarakat dengan desain konten yang mudah untuk dimengerti oleh audiens. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam bidang desain dengan penerapan Focus Group Discussions terhadap postingan Instagram. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi para desainer dan pembaca dalam penerapan Focus Group Discussions.
Kata Kunci : Kampanye Sosial, Catcalling, Instagram, Diskusi Kelompok