ANALISIS VISUAL VIDEO PROMOSI PEMASARAN DAN TREN GAYA HIDUP GENERASI Z PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK.

Authors

  • Andreas Slamet Widodo Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Marizka Ortiz Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Gaya Hidup, Metodologi Visual, Promosi dan Pemasaran, Media iklan, video pendek

Abstract

Media promosi dan pemasaran sudah bergeser dari media cetak menjadi media digital. Media Sosial TikTok mendorong penggunaan video pendek sebagai media promosi dan pemasaran agar lebih mudah diterima oleh pengguna TikTok generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan keberadaan pola komunikasi dan visual video promosi dan pemasaran yang mengandung tema gaya hidup yang digemari oleh penguna TikTok generasi Z. Penelitian dilakukan menggunakan data yang dikumpulkan berdasarkan 9 video yang didapat dari media sosial TikTok yang dianalisis dengan metodologi visual oleh Gillian Rose dan analisis konten oleh Krippendorff dan melalui kuisioner yang dianalisis menggunakan qualitative data analysis Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan pola komunikasi dan visual yang sering ditemukan dalam video promosi dan pemasaran yang diunggah oleh influenser adalah penampilan influenser yang menarik, gaya komunikasi yang persuasif, pilihan kosakata yang sesuai dengan target audiens dan product placement yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan terkait bagaimana cara mempengaruhi konsumen generasi Z menggunakan media video pendek dalam media sosial TikTok.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-10-2025

How to Cite

Widodo, A. S., & Marizka Ortiz. (2025). ANALISIS VISUAL VIDEO PROMOSI PEMASARAN DAN TREN GAYA HIDUP GENERASI Z PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK. SNADES, 6(1), 55–61. Retrieved from https://snades.upnjatim.ac.id/eprosiding/index.php/snades/article/view/65

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.