TRANSFORMASI PEMBELAJARAN TEORI WARNA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF
Studi Pengembangan dan Uji Efektivitas Media Berbasis Animasi dan Game
Keywords:
animasi, game, media interaktif, teori warnaAbstract
Pemahaman terhadap teori warna seringkali menjadi tantangan bagi pelajar, terutama ketika materi disampaikan secara teoritis tanpa dukungan media visual dan interaktif. Hasil observasi menunjukkan bahwa meskipun siswa secara aktif mendengarkan penjelasan materi, 65% dari mereka masih mengalami kebingungan dalam menerapkan konsep warna saat praktik desain. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji media pembelajaran interaktif yang membantu siswa memahami konsep warna secara visual dan aplikatif. Model DDDE (Decide, Design, Develop, Evaluate) digunakan dalam proses pengembangan aplikasi multimedia berbasis desktop. Media yang dihasilkan memuat materi dalam bentuk animasi 2D yang menyajikan topik-topik penting seperti teori warna, makna warna, temperatur, dimensi, dan skema warna. Penyampaian materi dilakukan melalui narasi visual yang menarik untuk mempermudah pemahaman konsep. Sebagai penguatan, game berbasis labirin disertakan untuk menyajikan kuis interaktif. Dalam permainan ini, siswa dihadapkan pada tantangan tambahan berupa musuh yang bergerak secara acak, dirancang menggunakan logika perilaku sederhana untuk menciptakan dinamika dan variasi dalam gameplay. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa media ini efektif meningkatkan keterlibatan serta pemahaman siswa terhadap teori warna. Dengan mengintegrasikan visual naratif dan pengalaman bermain interaktif, media ini berpotensi menjadi solusi inovatif yang menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik dalam pendidikan desain.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ade Rahma Yuly, Hata Maulana, Adnina Mafaza, Qanita Bahreisy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.





