TRANSFORMASI PEMBELAJARAN TEORI WARNA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF

Studi Pengembangan dan Uji Efektivitas Media Berbasis Animasi dan Game

Authors

  • Ade Rahma Yuly Politeknik Negeri Jakarta
  • Hata Maulana Politeknik Negeri Jakarta
  • Adnina Mafaza Politeknik Negeri Jakarta
  • Qanita Bahreisy Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

animasi, game, media interaktif, teori warna

Abstract

Pemahaman terhadap teori warna seringkali menjadi tantangan bagi pelajar, terutama ketika materi disampaikan secara teoritis tanpa dukungan media visual dan interaktif. Hasil observasi menunjukkan bahwa meskipun siswa secara aktif mendengarkan penjelasan materi, 65% dari mereka masih mengalami kebingungan dalam menerapkan konsep warna saat praktik desain. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji media pembelajaran interaktif yang membantu siswa memahami konsep warna secara visual dan aplikatif. Model DDDE (Decide, Design, Develop, Evaluate) digunakan dalam proses pengembangan aplikasi multimedia berbasis desktop. Media yang dihasilkan memuat materi dalam bentuk animasi 2D yang menyajikan topik-topik penting seperti teori warna, makna warna, temperatur, dimensi, dan skema warna. Penyampaian materi dilakukan melalui narasi visual yang menarik untuk mempermudah pemahaman konsep. Sebagai penguatan, game berbasis labirin disertakan untuk menyajikan kuis interaktif. Dalam permainan ini, siswa dihadapkan pada tantangan tambahan berupa musuh yang bergerak secara acak, dirancang menggunakan logika perilaku sederhana untuk menciptakan dinamika dan variasi dalam gameplay. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa media ini efektif meningkatkan keterlibatan serta pemahaman siswa terhadap teori warna. Dengan mengintegrasikan visual naratif dan pengalaman bermain interaktif, media ini berpotensi menjadi solusi inovatif yang menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik dalam pendidikan desain.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-10-2025

How to Cite

Yuly, A. R., Maulana, H., Mafaza, A., & Bahreisy, Q. (2025). TRANSFORMASI PEMBELAJARAN TEORI WARNA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF: Studi Pengembangan dan Uji Efektivitas Media Berbasis Animasi dan Game. SNADES, 6(1), 87–96. Retrieved from https://snades.upnjatim.ac.id/eprosiding/index.php/snades/article/view/40

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.