ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA POSTER FILM "Jakarta vs Everybody"

Authors

  • Moch Rizky Pradana UPN Veteran Jawa Timur Surabaya
  • Naufal Asyqor Mu’afiy Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Pungky Febi Arifianto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Keywords:

poster, Semiotika, Roland Barthes, Jakarta vs Everybody

Abstract

ABSTRAK

Poster film adalah sebuah medium visual yang digunakan untuk mempromosikan sebuah film kepada khalayak. Dalam penelitian ini, kami akan mengeksplorasi pentingnya poster film sebagai alat pemasaran dan medium komunikasi visual yang kompleks. Film Jakarta vs Everybody adalah film bergenre crime-drama garapan sutradara dan penulis skenario Ertanto Robby Soediskam yang merupakan sutradara dari film Ave Maryam serta, cerita film ini sendiri ditulis langsung oleh Jefri Nichol, sang pemeran utama film ini. Desain poster film Jakarta vs Everybody terlihat sangat unik dengan pemilihan warna, foto dan tipografinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui makna dibalik poster film Jakarta vs Everybody. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes untuk mengetahui makna menggunakan system denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil dari penelitian ini adalah poster film Jakarta vs Everybody penuh akan makna yang mengungkapkan alur dan inti cerita film serta mampu menarik keingintahuan penonton.

Kata Kunci : Poster, Semiotika, Roland Barthes, Jakarta vs Everybody

ABSTRACT

Film posters are visual media used to promote a film to the public. In this research, we will explore the importance of film posters as a marketing tool and complex visual communication medium. The film Jakarta vs Everyone is a crime drama genre film directed by director and screenwriter Ertanto Robby Soediskam who is the director of the film Ave Maryam and the story of this film itself was written directly by Jefri Nichol, the main actor of this film. The Jakarta vs Everyone film poster design looks very unique with its choice of colors, photos and typography. The purpose of this research is to find out the meaning behind the film poster Jakarta vs Everyone. This research uses Roland Barthes' semiotic theory to determine meaning using a system of denotation, connotation and myth. The results of this research are that the poster for the film Jakarta vs Everyone is full of meaning, reveals the plot and essence of the film's story and is able to attract the audience's curiosity.

Keywords : Poster, Semiotics, Roland Barthes, Jakarta vs Everybody

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-12

How to Cite

Moch Rizky Pradana, Asyqor Mu’afiy, N., & Febi Arifianto, P. (2024). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA POSTER FILM "Jakarta vs Everybody". Snades, 3(1), 136–142. Retrieved from https://snades.upnjatim.ac.id/eprosiding/index.php/snades/article/view/11

Most read articles by the same author(s)