Kajian Semiotika C.S Peirce Pada Poster Film Siksa Kubur
Keywords:
poster, film, semiotika, peirceAbstract
Poster adalah suatu karya seni dan media publikasi yang memadukan gambar, teks, atau gabungan gambar dan teks. Poster juga dijadikan sebagai media utama dalam mempromosikan suatu karya khususnya dalam dunia perfilman. Poster film biasanya terdiri dari gambar dan teks yang cukup mencakup penjelasan atau penggambaran sebuah isi film secara singkat dan jelas menggambarkan atau mewakili film dan menggambarkan elemen visualnya. Seperti poster film Siksa Kubur, berfokus pada karakter seperti visual pocong berbentuk tengkorak, visual ular, dan elemen desain unik seperti warna, tata letak, gambar, dan tipografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna tanda yang terkandung pada poster film Siksa Kubur. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dan analisis semiotika dari Charles Sanders Peirce. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa poster film Siksa Kubur mengungkapkan sesuatu yang berbeda dibandingkan dengan poster film horor Indonesia lainnya. Karena poster film ini tidak menyertakan gambar hantu dalam filmnya untuk menarik perhatian, melainkan menggunakan berbagai jenis tanda untuk menyampaikan pesan tentang penderitaan yang menimpa orang mati di kuburan. Poster ini menggunakan ikon, indeks, dan simbol untuk menimbulkan rasa takut dan ketegangan para pemirsanya. Hal ini memberikan warna baru pada poster ini dan membuatnya berbeda dengan poster film horor lainnya.
Kata Kunci : poster, film, semiotika, peirce
ABSTRACT
A poster is a work of art and publication media that combines images, text, or a combination of images and text. Posters are also used as the main media in promoting a work, especially in the world of film. Film posters usually consist of images and text which include a brief and clear explanation or depiction of the contents of the film, describing or representing the film and describing its visual elements. Like the Siksa Kubur film poster, it focuses on characters such as skull-shaped pocong visuals, snake visuals, and unique design elements such as color, layout, images, and typography. This research aims to find out the meaning of the signs contained in the Siksa Kubur film poster. This research uses a qualitative descriptive approach and semiotic analysis from Charles Sanders Peirce. From the research results, it was found that the Siksa Kubur film poster expressed something different compared to other Indonesian horror film posters. Because this film poster does not include images of ghosts in the film to attract attention, but instead uses various types of signs to convey a message about the suffering that befalls the dead in cemeteries. This poster uses icons, indexes, and symbols to create fear and tension in its viewers. This gives a new color to this poster and makes it different from other horror film posters.
Keywords : posters, films, semiotic, peirce