ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA POSTER FILM WICKED 2024

Authors

  • NUR AFIFAH AYUWINDA NAFI'AH UPN "VETERAN" Jawa Timur
  • BAGOES PUTRA ANJASMORO UPN "VETERAN" Jawa Timur
  • SRI WULANDARI UPN "VETERAN" Jawa Timur

Keywords:

Semiotika, semiotic analysis, Roland Barthes, film, poster, Design, Semiotika Rolland Barthes

Abstract

ABSTRAK
Sebuah film pasti memiliki poster yang biasanya digunakan sebagai media promosi, yang tak lain fungsinya untuk menggambarkan konflik utama, alur cerita atau karakteristik dari sebuah film. Elemen-elemen visual yang tersusun pada sebuah poster mengandung tanda. Sebuah makna terkandung dalam tanda-tanda yang disusun itu, tujuannya menyampaikan pesan pada audiens mengenai film yang digambarkan. Ilmu untuk mempelajari tanda-tanda itu disebut semiotika. Ilmu semiotika mempelajari tanda melalui gambar, elemen, tipografi, atau adegan pada film yang dapat diinterpretasikan. Dengan menggunakan teori semiotika dari Roland Barthes, penelitian ini menganalisis poster film “Wicked” dengan mencari makna pada tanda. Dari analisis tersebut, hasilnya menunjukkan bahwa poster film “Wicked” mengandung pesan visual yang merepresentasikan dualitas antara kebaikan dan kejahatan, kritik terhadap stereotip sosial, serta gagasan tentang kesetaraan dan keadilan. Pesan-pesan tersebut disampaikan melalui kontras warna, gestur tokoh, serta elemen simbolik yang terdapat dalam poster, dan akan dibahas lebih lanjut pada jurnal ini.
Kata Kunci: Semiotika, Teori Roland Barthes, Poster Film, Tanda-tanda , Pesan Visual.


ABSTRACT
A film always has a poster, which is typically used as a promotional medium to depict the main conflict, storyline, or characteristics of the film. The visual elements arranged in a poster contain signs. These signs carry meaning, intended to convey a message to the audience about the film being portrayed. The study of these signs is known as semiotics. Semiotics is the study of signs through images, elements, typography, or scenes in a film that can be interpreted. Using Roland Barthes’ theory of semiotics, this research analyzes the film poster of “Wicked” by uncovering the meanings behind the signs. The analysis reveals that the “Wicked” film poster contains visual messages representing the duality between good and evil, a critique of social stereotypes, and ideas about equality and justice. These messages are conveyed through color contrasts, character gestures, and symbolic elements within the poster, which will be further discussed in this journal.
Keywords: Semiotics, Roland Barthes' Theory, Film Poster, Signs, Visual Messages.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-10-2025

How to Cite

NUR AFIFAH AYUWINDA NAFI’AH, BAGOES PUTRA ANJASMORO, & SRI WULANDARI. (2025). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA POSTER FILM WICKED 2024. SNADES, 6(1), 264–269. Retrieved from https://snades.upnjatim.ac.id/eprosiding/index.php/snades/article/view/71

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.