PERANCANGAN BRANDING GRAND HOTEL CIUNG WANARA SEBAGAI SARANA PROMOSI PARIWISATA KABUPATEN CIAMIS
Keywords:
Branding, Hotel, Pariwisata, Budaya, Green TourismAbstract
Pada tahun 2025 Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Ciamis membangun unit usaha penginapan yang diberi nama Grand Hotel Ciung Wanara yang terinspirasi dari sebuah kisah epik yang sarat nilai moral dan budaya, serta menjadi simbol kebesaran Kerajaan Galuh. Penginapan ini dirancang agar mampu memfasilitasi pengunjung serta membantu mempromosikan sektor pariwisata dan budaya di Kabupaten Ciamis. Oleh karena itu perlu adanya perancangan branding yang memberikan kepercayaan sebagai identitas hotel yang memiliki fungsi sebagai media promosi pariwisata dan pengenalan budaya di Kabupaten Ciamis. Perancangan branding ini dilakukan melalui beberapa tahapan yang dimulai dari analisis latar belakang pembentukan hotel, perancangan brand story, positioning brand, penarikan kesimpulan brand personality, design concept pembuatan mooboard, brand colour, perancangan logo dan super graphic / seamless pattern, mockup dan Brand Guidlines. Hasil dari perancangan ini membentuk persepsi brand Grand Hotel Ciung Wanara sebagai penginapan dengan tema Gapura Tatar Galuh yang berarti gerbang menuju wilayah Kabupaten Ciamis, sehingga Hotel ini mempresentasikan sebagai pintu masuk kedalam sejarah, kebudayaan, wisata alam, ideologi Masyarakat, perilaku dan pemikirannya dalam berkreatifitas dengan konsep Green Tourism, branding ini bukan hanya merepresentasikan penginapan yang memberikan kenyaman dan keamanan tetapi juga menjadi pusat kegiatan promosi pariwisata dan pengenalan budaya yang menjadi tempat pertemuan strategis, serta ajang kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha pariwisata, dan masyarakat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andri Pahrulroji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.





