ANALISIS VISUAL VIDEO PROMOSI PEMASARAN DAN TREN GAYA HIDUP GENERASI Z PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK.
Keywords:
Gaya Hidup, Metodologi Visual, Promosi dan Pemasaran, Media iklan, video pendekAbstract
Media promosi dan pemasaran sudah bergeser dari media cetak menjadi media digital. Media Sosial TikTok mendorong penggunaan video pendek sebagai media promosi dan pemasaran agar lebih mudah diterima oleh pengguna TikTok generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan keberadaan pola komunikasi dan visual video promosi dan pemasaran yang mengandung tema gaya hidup yang digemari oleh penguna TikTok generasi Z. Penelitian dilakukan menggunakan data yang dikumpulkan berdasarkan 9 video yang didapat dari media sosial TikTok yang dianalisis dengan metodologi visual oleh Gillian Rose dan analisis konten oleh Krippendorff dan melalui kuisioner yang dianalisis menggunakan qualitative data analysis Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan pola komunikasi dan visual yang sering ditemukan dalam video promosi dan pemasaran yang diunggah oleh influenser adalah penampilan influenser yang menarik, gaya komunikasi yang persuasif, pilihan kosakata yang sesuai dengan target audiens dan product placement yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan terkait bagaimana cara mempengaruhi konsumen generasi Z menggunakan media video pendek dalam media sosial TikTok.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marizka Ortiz, Andreas Slamet Widodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.





