ANALISIS MEDIA: KAJIAN TERHADAP FENOMENA POPULER BERDASARKAN 12 PRINSIP KOMUNIKASI, ETIKA, DAN REGULASI
Keywords:
Communication, Social Media, Communication PrinciplesAbstract
ABSTRAK
Tulisan ini mengeksplorasi tiga fenomena populer terkait komunikasi di era digital: penggunaan kecerdasan buatan (AI) untuk mengiklankan kampanye pemilu Prabowo Gibran, disinformasi penutupan jejaring sosial di Indonesia, dan desain baru UU Argo. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membantah rumor penutupan jaringan media sosial di Indonesia. Dan pemberitaan desain baru Kereta Argo Lawu Kesimpulannya menunjukkan bahwa prinsip-prinsip komunikasi memberikan kerangka penting untuk memahami dinamika komunikasi dalam konteks digital dan klasik.
Kata Kunci: Komunikasi, Media Sosial, Hoaks, Kereta Api Argo Lawu, Prinsip Komunikasi.
ABSTRACT
This article explores three popular phenomena related to communication in the digital era: the use of artificial intelligence (AI) to advertise Prabowo Gibran's election campaign, disinformation closing social networks in Indonesia, and the new design of the Argo Law. The Ministry of Communication and Information (Kominfo) has denied rumors of closing social media networks in Indonesia. And news about the new design of the Argo Lawu train. The conclusion shows that communication principles provide an important framework for understanding communication dynamics in digital and classical contexts.
Keywords: Communication, Social Media, Hoaxes, Argo Lawu Train, Communication Principles.