PERANCANGAN KAMPANYE TENTANG PEMAHAMAN KONDISI KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA USIA 16 – 25 TAHUN MELALUI MEDIA SOSIAL

Authors

  • Durrotu Alya Zukhrufuddina Penyaji
  • Bedjo Riyanto

Keywords:

Kampanye Media Sosial, Kesehatan Mental, Remaja, Instagram, Desain Komunikasi Visual

Abstract

ABSTRAK

Masa remaja merupakan fase penuh perubahan yang rentan terhadap gangguan k esehatan mental, seperti kecemasan dan depresi, yang seringkali tidak ditangani secara tepat. Di zaman sekarang ini, media sosial dapat dioptimalkan sebagai media edukasi dan sarana dukungan dalam upaya meningkatkan kesehatan mental remaja apabila digunakan secara bijak dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah kampanye sebagai sarana efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental, serta mendorong remaja untuk lebih peduli terhadap kondisi emosional mereka melalui peran media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data yang dikumpulkan melalui studi literatur, wawancara dengan ahli psikiater, dan penyebaran kuesioner daring. Kampanye melalui media sosial yang dirancang berupa konten edukatif seperti infografis, komik strip, dan video animasi singkat tentang pemahaman mengenai kesehatan mental. Dengan konten yang relevan, visual yang menarik, dan bahasa yang mudah diakses, kampanye ini bertujuan untuk membangun generasi yang lebih sadar dan peduli akan kesehatan mental mereka.

Kata Kunci: Kampanye Media Sosial, Kesehatan Mental, Remaja, Instagram, Desain Komunikasi Visual

ABSTRACT

Adolescence is a phase of change that is prone to mental health disorders, such as anxiety and depression, which are often not treated appropriately. In this day and age, social media can be optimized as a medium of education and support in an effort to improve adolescents' mental health if used wisely and appropriately. This research aims to design a campaign as an effective means of increasing understanding and awareness of the importance of mental health, as well as encouraging adolescents to care more about their emotional state through the role of social media. This research uses a descriptive qualitative method with data collected through literature studies, interviews with psychiatrists, and online questionnaires. The social media campaign was designed in the form of educational content such as infographics, comic strips, and short animated videos about understanding mental health. With relevant content, engaging visuals, and accessible language, the campaign aims to build a generation that is more aware and concerned about their mental health.

Keywords: Social Media Campaign, Mental Health, Teenagers, Instagram, Visual Communication Design

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-10-2025

How to Cite

Durrotu Alya Zukhrufuddina, & Bedjo Riyanto. (2025). PERANCANGAN KAMPANYE TENTANG PEMAHAMAN KONDISI KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA USIA 16 – 25 TAHUN MELALUI MEDIA SOSIAL. SNADES, 6(1), 220–226. Retrieved from https://snades.upnjatim.ac.id/eprosiding/index.php/snades/article/view/66